Pengertian Descriptive Text dan Contoh Kalimatnya

PENGERTIAN DESCRIPTIVE TEXT


Descriptive Text adalah sebuah jenis text yang berisi deskripsi objek tentang orang, hewan, tumbuhan benda mati maupun benda hidup lainnya yang ditulis berdasarkan fakta. Jenis teks ini membicarakan objek secara real berdasarkan kenyataan apa yang dilihat bukan dari karangan maupun cerita fiksi. Sesuai dengan namanya deskripsi, jenis teks ini mendeskripsikan suatu benda dari yang paling umum sampai yang lebih spesifik.
Pengertian Descriptive Text dan Contoh Kalimatnya

CIRI-CIRI DESCRIPTIVE TEXT 

Menggunakan Simple Present Tense


Teks descriptive bersifat fakta alias tidak bisa terbantahkan lagi akan kebenrannya. Kalimat tersebut dengan simple present tense karena salah satu fungsinya adalah menyatakan fakta yang sebenarnya. Dalam teks descriptive simple present tense sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan lagi karena sebagian unsur pembentuk kalimatnya menggunakan tensis ini. Meskipun yang berhubungan dengan fakta tidak melulu soal present tense.

Contoh kalimat yang bisa dijadikan descriptive text; The capital city of Japan is Tokyo (Ibukota jepang adalah Tokyo). Kalimat ini merupakan kalimat umum yang bisa dijabarkan menjadi lebih spesifik dan kata kerjanya adalah To Be is.


Fokus Membicarakan satu objek saja.


Di dalam sebuah pembahasan kalimat ada tema yang dibicarakan tentunya juga ada objek yang dijelaskan. Apabila sedang ada tema pembahasan tentang Keindahan Wisata di Bali, pasti objek yang dibicarakan adalah wisata bali bukan membahas hal lain diluar pembahasan. Sama halnya dengan descriptive text hanya fokus terhadap satu objek saja.


Menggunakan Attribute Verb To Be (Is, am, are)


Seperti yang sudah disinggung di ciri yang pertama bahwa descriptive text menggunakan kalimat simple present tense. Selain karena fakta kalimat dengan simple present tense menguatkan sebuah penjelasan dengan attribute to be (is, am,are) sehingga pembahasannya dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Verb to be (Is, am, are) lebih banyak atau bahkan sering digunakan untuk menjelaskan objek pada descriptive text.
Misalnya : The flag of Indonesia is red and white, both of color are the symbolization of blood and bone.

Beberapa kalimat dengan verb to be diatas adalah fakta. Verb to be akan sering dijumpai dalam descriptive text.


GENERIC STRUCTURE


Dalam penyusunan sebuah text harus terstruktur dengan jelas agar pembahasannya terarah dan tidak terjadi kesalahan yang membuat pembaca bingung, begitupula dengan descriptive text yang mana memiliki struktur kebahasaan. Diantaranya adalah :
  • Identification - Identification atau dalam bahasa Indonesianya identifikasi merupakan awalan kalimat dari descriptive text yang mana berisi gambaran secara umum dari topik pembahasan dan biasanya identifikasi berdiri di awal paragrap pertama.
  • Description - Deskripsi merupakan lanjutan penjelasan dari identifikasi dimana posisinya berada di paragrap kedua dan seterusnya. Description mendeskripsikan isi atau penjabaran dari kalimat yang lebih rinci atau dengan kata lain pembahasan yang lebih spesifik.
Di bawah ini saya berikan contoh Descriptive Text :


Tempe

Tempe is well-known as one of Indonesia legendary traditional food. This food still exists although there is a lot of modern food in the middle of society. Even more common, it has been their staple food after rice and another side dishes. For majority of indonesia, tempe is a mandatory food which is pity to miss. Serving tempe on the table is a habit for daily routine. Indonesia people like tempe because of natural ingredients and healthy food.

Tempe is exactly produced from fermented soybean.The process of fermentation takes several days until the soybeans change into fungus. This traditional food is multifunction which can be any culinaries menu. The most often cooked by all indonesia people Fried Tempe and Oreg. Frying tempe is so easy, its ingredients are simple. People can make it using or without flour and then add other ingredients such as salt and garlic. Oreg tempe is also made from tempe that's mixed with red sugar.

Tempe dikenal sebagai salah satu makanan tradisional legendaris. Makanan ini masih eksis walaupun ada banyak makanan modern di tengah masyarakat. Bahkan lebih dari itu, tempe sudah menjadi makanan pokok mereka setelah nasi dan lauk pauk lainnya. Bagi mayoritas masyarakat, tempe adalah menu makanan wajib yang sayang untuk dilewatkan. Menyajikan tempe diatas meja adalah sebuah kebiasaan untuk rutinitas harian. Orang indonesia suka tempe karena bahan-bahan alami dan makanan sehat.

Tempe dibuat dari kedelai yang difermentasi. Proses fermentasi mengambil beberapa hari sampai kedelai berubah menjamur. Makanan tradisional ini multifungsi yang mana bisa dijadikan menu kuliner apa saja. Diantaranya yang paling sering dimasak orang indonesia adalah goreng tempe dan oreg. Menggoreng tempe sangatlah mudah, bahan-bahannyapun sangat sederhana. Orang-orang bisa membuatnya menggunakan atau tanpa tepung terigu dan kemudian ditambahka bahan-bahan yang lainnya seperti garam dan bawang putih. Oreg tempe juga terbuat dari tempe yang dicampur gular merah.       

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Descriptive Text dan Contoh Kalimatnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel