Perbedaan Kata Interest, Interested, Interesting Dan 7 Contoh Kalimatnya

Interest, interested, dan interesting merupakan kata dalam bahasa inggris yang berarti menarik. Selain memiliki persamaan makna/arti ketiga kata ini seolah-olah seperti punya akar karena serupa namun tak sama. Kesamaannya bukan berarti menunjukan artian yang sama pula justru tiga kata tersebut memiliki perbedaan yang cukup membingungkan. 

Akhirnya, munculah sebutan kata yang membingungkan (confusing word) . Hal inilah yang acapkali membingungkan para pembelajar  saat ingin menggunakannya. Terkadang kebanyakan orang kesulitan bagaimana caranya menempatkan sebuah kata tersebut dengan tepat sesuai dengan kaidah bahasa inggris yang benar.

Cara Membedakan Kata Interest, Interested, Interesting

Lalu bagaimanakah untuk membedakannya?

Simple saja, sebenarnya meskipun ketiga kata ini bermakna yang sama yaitu menarik. Namun, ketiganya memiliki penempatan kata dan fungsi yang berbeda.    
Untuk lebih detailnya, saya akan menjelaskan pengertian dan perbedaannya dari masing-masing kata tersebut. Let’s check this out!!!


1. Interest


Secara umum terjemahan bahasa indonesia dari kata ini adalah menarik perhatian dan termasuk bentuk kata kerja (verb1), namun selain sebagai kata kerja interest juga bisa mempunyai arti berupa kata benda.      

Membedakan Interest
Contohnya :

Pada kata kerja  -  The first sight interests her to fall in love  (Pandangan pertama menarik perhatiannya untuk jatuh cinta) yang digarisbawahi adalah kata kerja.
Coba perhatikan! Kata interest pada kalimat ini sebagai kata kerja (transitive verb) dan dibelakangnya diikuti oleh objek (her). Untuk objek bisa menggunakan kata benda seperti orang, pohon, manusia dll.

Interest juga bisa diartikan sebagai kata benda yang artinya minat, contohnya : Pada kata benda (noun) -  We have an interest in badminton (kita mempunyai minat pada bulutangkis)

Contoh lainnya;  

  • The construction laborers should use a seat belt in the interest of safety.(Pegawai buruh bangunan seharusnya memakai sabuk pengaman demi keamanan/keselamatan). 
  • My uncle must pay much interest as the consequence of payment received for borrowing money.(Paman saya harus membayar bunga yang banyak sebagai konsekuensi peminjaman uang). 
  • Will circus attraction interest me?. (Akankah atraksi sirkus menarik perhatian saya?) 
  • Writing competition at school interest me and finally i want to participate in the competition.(Lomba menulis menarik perhatian saya dan akhirnya saya ingin berpartisipasi di lomba tersebut). 
  • My father has a lot of loans with high interest from local bank. (Ayah saya mempunyai pinjaman dengan bunga yang tinggi dari bank local).
  • The story of novel contains a lot of impression and interest me to do the same thing. (Cerita novel berisi banyak pesan dan menarik perhatian saya untuk melakukan hal yang sama). 
  • Please, use seat belt before driving a car in the interest of safety!. (Please, gunakan sabuk pengaman demi keselamatan dan keamanan). 


2.   Interested

Seperti yang sudah dikatakan diawal tadi bahwa interested merupakan akar dari kata interest yang artiannya sama yaitu menarik atau tertarik. Namun, interested disini termasuk bentuk kata sifat (adjective) yang berfungsi menjelaskan tentang seseorang atau orang yang menyukai sesuatu  dan lebih tertarik pada suatu hal.

Contoh Kalimat :

  • I am interested in teaching English at junior high school (saya tertarik mengajar bahasa inggris di SMP)
  • They are so interested in annual drama performance at campus (Mereka begitu tertarik pada penampilan drama tahunan di kampus)
  • Why are many people always interested in public transportation instead of going anywhere by car? (Kenapa banyak orang tertarik pada transportasi umum dibanding bepergian dengan kendaraan? 
  • The students are interested to have a lunch with classmate. (Para siswa tertarik untuk makan siang dengan sekelas)
  • He is interested in fishing in the sea. (Dia tertarik memancing di laut)
  • Due to its beautiful view, I am interested in visiting the most famous tourism spot in Nusa Dua. (Karena kedindahan alamnya, saya tertarik mengunjungi tempat wisata tersohor di Nusa Dua)
  • I don’t know why she is always interested in my personal life. (Saya tidak tahu kenapa dia selalu tertarik pada kehidupan pribadiku). 

Setelah kata sifat (interested) diikuti preposition in + gerund verb -ing, bisa juga diikuti to infinitive.

3. Interesting 

Interesting disini adalah bentuk kata sifat (adjective) yang berfungsi menjelaskan  kata benda (noun) yang artinya sebuah benda menarik.

Contoh Kalimat :
  • The story of novel is very interesting to be the film (Cerita novel sangat menarik untuk dijadikan film)  Catatan : interesting menjelaskan the story of novel
  • This include one of the most interesting library (ini termasuk salah satu perpustakaan paling menarik)
  • It will be interesting how we decide to spend our own holiday. (Akan jadi menarik bagaimana kita memutuskan untuk menghabiskan liburan)
  • There are many impressions and values we can take from an interesting history. (Ada banyak kesan dan nilai-nilai yang bisa diambil dari sebuah sejarah yang menarik).
  • Footbal match in the last night was very interesting since Christiano Ronaldo successfully scored two goals. (Pertandingan sepakbola tadi malam sangat menarik karena Christiano Ronaldo berhasil mencetak dua gol). 
  • Tango dance is so interesting because it combines art and sport. (Tarian tango sangat menarik karena menggabungkan seni dan olahraga).
  • The result of my brother examination is interesting to see. (Hasil ujian adik saya sangat menarik untuk dilihat).

Kesimpulan : Persamaan ketiga kata itu adalah artiannya yang sama-sama tertarik, namun dibalik persamaan terdapat artian yang lain. Perbedaannya adalah pada penggunaannya. Bila merujuk pada artian/terjemahan dari Interest = Tertarik, minat dan bunga. Interested disini merupakan kata sifat bukan kata kerja dan letaknya setelah kata kerja to be. Interisting sebuah kata yang bisa diartikan gerund karena berakhiran huruf -ing, interesting mempunyai arti menarik dan fungsinya adalah menambah penjelasan tentang subjek.   

Mungkin itu saja artikel yang bisa saya share pada kesempatan kali ini. Nantikan artikel saya yang bermanfaat lagi di kesempatan berikutnya di Onosusw.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Perbedaan Kata Interest, Interested, Interesting Dan 7 Contoh Kalimatnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel