Cara memperbanyak Kosa Kata Bahasa Inggris (Vocabulary)

Vocabulary merupakan kosa kata dalam bahasa inggris.  

Kosa kata bahasa inggris memiliki peranan sangat penting dalam meningkatkan kemampuan bahasa inggris. Diantaranya untuk menunjang 4 pillar bahasa inggris seperti Writing, reading, listening dan speaking). Semakin kaya kosa kata yang kita miliki maka akan mempermudah penguasaan bahasa inggris. Namun, memperbanyak pembendaharaan kosa kata tidak selalu mudah karena jumlah kosa kata dalam kamus besar bahasa inggris-indonesia jumlahnya ribuan bahkan ratusan ribu.


Karena saking banyaknya kata yang diharus dikuasai bukan tidak mungkin bisa lupa maklum bahasa inggris bukanlah bahasa ibu dan kita sebagai manusia selalu tidak luput dari salah serta lupa.

Banyak orang antusias belajar bahasa inggris, ada yang menempuhnya dengan cara ikut jalur pendidikan bahasa, les private,  dan ada pula yang kursus bahasa intensive di kampung bahasa inggris. Sebetulnya, itu adalah cara yang effektif jika memang kita memiliki budget dan waktu yang cukup. Namun, dengan cara otodidak bisa jadi pilihan terbaik juga apalah hanya untuk belajar vocabulary. Mempelajari vocabulary bisa dilakukan sendiri tanpa harus ribet dan caranya cukup simple. 
Lalu bagaimanakah cara agar kosa kata bahasa inggris kita banyak?

Menyukai Bahasa Inggris

Menyukai adalah hal pertama dan paling utama sebelum kita memulai belajar bahasa inggris. Kenapa harus menyukai? Karena dengan menyukai itu akan memberikan efek stimulus bagi diri kita untuk lebih semangat melakukan sesuatu. Diibaratkan kita yang sedang menyukai seseorang (lawan jenis) sudah tentunya kita akan mau melakukan apapun untuk si dia. Begitupun dengan belajar vocabulary jika sudah senang kita akan berusaha apa saja untuk memahami vocabulary.


Jadikan Membaca dan Menterjemahkan Sebagai Rutinitas Harian

Sering-sering membaca berita online, cerita atau paragraph yang menggunakan bahasa inggris, lalu terjemahkan artian dari kata-kata yang belum diketahui dengan kamus atau translator dari gadget. Lakukan berulang-ulang sampai kata-kata baru tersebut kita pahami. Dan secara otomatis kosa kata itu akan tersimpan dalam memori ingatan kita. Jadikan kegiatan membacamu secara rutin dalam aktifitas harian. 



Menulis dan Membuat Kalimat Bahasa Inggris

Rajinlah menulis kata-kata atau kalimat bahasa inggris! Jangan takut salah grammarnya benar atau tidak yang terpenting kita sudah berani mencoba. Tulislah dan terjemahan artian kalimat bahasa inggris tersebut di kertas, di word atau di social media. Dengan menulis kalimat bahasa inggris bisa merangsang otak kita untuk mengingat secara otomatis dan tentunya akan memperkaya pembendaharaan vocab kita. Disamping itu juga bisa memberikan rasa bangga pada diri kita sendiri.


Lakukan Percakapan Bahasa Inggris

Praktekan sebuah percakapan bahasa inggris dengan salah satu atau dua orang temanmu. Sekali lagi saya ingatkan jangan takut salah dan malu sama orang lain. Lakukan obrolan-obrolan sederhana dengan menggunakan bahasa inggris. Buat naskah percakapannya dan kemudian anda baca, ingat-ingat teksnya berulang-ulang sampai hafal. Anggap saja anda sedang latihan drama. Dengan cara seperti ini akan bisa meningkatkan daya ingat dan memperbanyak kosa kata bahasa inggris.    

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara memperbanyak Kosa Kata Bahasa Inggris (Vocabulary)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel