Fungsi Dan Penggunaan Gerund Dalam Kalimat Bahasa Inggris

PENGERTIAN GERUND

Gerund disebut kata kerja (verb) bisa juga disebut kata benda (Noun) ? Nah Lah kok bisa? Begitu membingungkan bukan apalagi ketika baru pertama kali kita mengetahui definisi dari gerund tersebut. Tentu kita dalam hati akan bertanya-tanya karena pada dasarnya kata kerja dan kata benda adalah 2 hal berbeda yang mempunyai fungsinya masing-masing. Dalam gerund keduanya nampak seperti teman senasib sepenanggungan yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain.

Fungsi Dan Penggunaan Gerund Dalam Kalimat Bahasa Inggris
Secara umum gerund merupakan kata kerja yang mendapat tambahan kata  -ing dibelakangnya. Tetapi, secara spesifiknya gerund lebih berfungsi sebagai kata benda dalam penggunaannya. Jadi dapat disimpulkan bahwa gerund adalah sebuah kata kerja berakhiran (suffix) –ing yang memiliki fungsi sebagai kata benda. Contoh : Read+ing = Reading, Balance+ing = Balancing, send+ing=Sending, open+ing =Opening, Close+ing = Closing dan masih banyak lagi yang lainnya. Istilah lainnya gerund ada lah sebuah kata kerja yang dibendakan atau kata benda yang terbentuk dari kata  kerja.

Fungsi Gerund

Kedudukan gerund dalam sebuah kalimat bisa terletak dimana saja, diawal, ditengah, maupun dibelakang. Itulah termasuk bagian dari fungsi-fungsi gerund. Berikut dibawah ini adalah fungsi-fungsi Gerund.

1. Gerund Sebagai Subjek Kalimat (Subject of a Sentence)

Pada fungsinya disini gerund bertindak sebagai subjek yang mana posisinya berada diawal kalimat.
  • Cooking is my mother habitual everyday. (Memasak adalah kebiasaan ibu saya)
  • Climbing is one of the most extreme sport. (Memanjat adalah salah satu olahraga terekstrim) 
  • Browsing will be more beneficial if we search for positive contents. (Browsing akan lebih bermanfaat bila kita mencari konten-konten yang positive)
  • Closing Ceremony in Asian Games 2018 was the most spectacular sport event ever. (Upacara penutupan Asian Game 2018 adalah even olahraga paling spektakuler yang pernah ada)
  • Jogging makes us more healthy especially for our breath. (Joging membuat kita lebih sehat khususnya untuk pernapasan kita)
Perhatikan kata kerja yang berakhiran -ing pada contoh kalimat diatas, posisi gerund berada diawal kalimat ini menandakan bahwa kata kerja sudah berubah/berkamuflase menjadi kata benda. Karena kata benda tersebut berdiri diawal sehingga gerund tugasnya adalah sebagai  subjek. setelah itu bisa diikuti kata kerja, auxiliary dan seterusnya selayaknya membuat kalimat sesuai struktur bahasa inggris pada umumnya.

2. Gerund Sebagai Objek Langsung (Direct Object)

Gerund disini berada di posisi sebagai objek langsung dan letaknya setelah kata kerja. Gerund dalam beberapa kalimat dibawah ini adalah kata yang berhuruf tebal. Posisi Gerund disini sebagai objek karena merupakan kata benda yang berasal dari sebuah hasil pekerjaan atau sesuatu yang ditujukan/dilakukan oleh subject. Pola kalimat S/Pronoun + verb + Gerund.
  • My first brother dislike smoking. (Kaka pertama saya tidak suka merokok)
  • We enjoyed watching the movie last night. (Kita nikmati menonton bioskop kemarin malam)
  • The eyewitness always keep talking about the whole truth honestly. (Saksi mata selalu tetap bicara tentang kejadian sebenarnya secara jujur)  
  • The funny kid always avoid going to the dentist. (Anak imut itu selalu menghindar pergi ke dokter gigi) 
  • They went hanging out together yesterday. (Mereka pergi nongkrong bersama kemarin)
  • My friend and her mother go swimming once a week. (Teman saya dan ibunya pergi berenang seminggu sekali)  
  • I hate wasting a lot of time on useless thing. (Saya benci menghabiskan waktu untuk hal yang tidak berguna).
3.  Gerund Sebagai Subject Pelengkap ( Subject Complement)

Our main adventure in uninhabited island is climbing the rocky mountain. (Petualangan utama kita di pulau tidak berpenghuni adalah memanjat batuan pegunungan).
  • A striker role in football is scoring goals. (Peranan striker dalam sepakbola adalah mencetak gol)
  • My routine with father every morning is jogging. (Rutinitas harian saya dengan ayah adalah joging)
  • My hobby childhood was playing football with my friends. (Hobi kekanak-kanakanku adalah bermain sepakbola bersama teman-teman).
  • Don't be sad, you still have a long journey and the best way is praying for your friend. (Jangan sedih, kamu masih punya perjalanan yang panjang dan jalan terbaiknya adalah berdoa untuk temanmu). 
  •  The dog habit in the night is barking all the time. (Kebiasaan anjing di malam hari adalah menggonggong sepanjang hari).
Bentuk gerund ini terletak setelah verb To Be (Is, am, are, was, were). Kita mungkin kenal yang namanya bentuk present participle atau past participle yang berakhiran -ing yang mana biasanya berposisi dibelakang To Be dan menununjukan sebuah peristiwa atau pekerjaan yang sedang berlangsung. Bentuk kata kerja yang berakhiran -ing disini bukanlah itu melainkan gerund. Pola kalimat = Subject + To Be + Gerund.        

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Fungsi Dan Penggunaan Gerund Dalam Kalimat Bahasa Inggris"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel